Prinsip Kerja Telepon Seluler Untuk Pengetahuan Anda

Prinsip Kerja Telepon Seluler

Simak Prinsip Kerja Telepon Seluler Untuk Pengetahuan Anda – Telepon merupakan alat komunikasi yang sudah ditemukan sejak lama. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, alat komunikasi tersebut semakin berkembang hingga ditemukannya telepon genggam atau seluler. Benda tersebut semakin mudah digunakan dan fungsinya lebih berkembang.

Benda ini biasa disebut sebagai handphone atau Hp. Perangkat ini juga sering disebut sebagai telepon seluler atau ponsel. Perangkat ini memiliki kemampuan dasar seperti sistem fixed line konvensional. Perbedaannya ponsel ini didesain dengan sangat simpel sehingga dapat dibawa kemanapun.

Istilah tersebut biasa dikenal dengan portabel atau mobile. Prinsip kerja telepon seluler pada dasarnya tidak perlu menggunakan kabel untuk menyambungkan jaringan telepon. Prinsip kerja tersebut biasa disebut dengan nirkabel atau wireless. Istilah ini hingga saat ini sudah semakin berkembang dan tak hanya untuk telepon saja.

Perangkat tersebut memiliki jaringan yang terdiri dari dua jenis yaitu CDMA (Code Division Multiple Access) dan GSM (Global System For a Mobile Telecommunication). Kedua jaringan tersebut umumnya dikenal dengan jaringan seluler. Biasanya jaringan tersebut dapat diperoleh penggunanya melalui media sebuah kartu seluler.

Sistem ponsel ini terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak. Prinsip kerja telepon seluler tidak dapat berjalan jika salah satu sistem tersebut tidak ada. Kedua sistem tersebut saling ketergantungan dan berkaitan satu sama lainnya. Sehingga, jika salah satunya tidak ada maka ponsel tidak dapat berjalan dan tidak bisa disebut sebagai ponsel.

Ponsel yang merupakan alat komunikasi tanpa kabel ini pertama kali ditemukan oleh Nikolai Tesla di tahun 1880. Kemudian perangkat ini diperkenalkan oleh Guglielmo Marconi. Sementara itu, perkembangan digital seluler dan wireless sendiri dimulai pada tahun 1940 bersamaan dengan diperkenalkannya teknologi telepon mobile secara komersial.

Prinsip Kerja Telepon Seluler

Prinsip kerja telepon seluler ialah dengan menggabungkan teknologi radio dengan teknologi komunikasi telepon. Komponennya berada pada kawasan yang terdiri dari sel kecil. Hal tersebut dapat membantu memastikan frekuensi agar meluas hingga ke kawasan tertentu. Prinsip ini dapat memungkinkan pengguna untuk menggunakannya secara simultan tanpa jeda dan terputus.

Sel yang dimaksud berada dalam bentuk lingkaran. Antara sel satu dan lainnya dapat saling berkesinambungan sehingga semua daerah bisa dijangkau tanpa terjadi gap sel antara yang satu dengan yang lainnya. Hal ini akan membentuk kurva heksagonal yang mewakili. Hal ini dikarenakan cakupan dan jangkauan area dapat tergambarkan dengan rapih dan luas.

Dalam prinsip kerja telepon seluler terdapat komponen penting sebagai pembentuk sistem dari seluler. Komponen tersebut terdiri dari antena, Base Station Radio dan Base Station Controller. Komponen tersebut dapat mengatur lalulintas beberapa sel dan dapat menghubungkannya dengan telepon publik.

Ponsel dapat menerima atau mengirimkan data. Melalui kartu SIM yang dimasukkan pada tempat khusus maka pengguna dapat mengirim atau menerima panggilan dimana identitias panggilan sudah dihubungkan dengan ponsel tersebut. Ponsel bersifat unik karena dapat dikenali melalui International Mobile Subscriber Identity (IMEI).

Sementara itu, kartu SIM dapat dikenali melalui International Mobile Subscriber Identity (IMSI). Perangkat tersebut dapat mengidentifikasi pelanggan. Kedua istilah ini tidak saling bergantung satu sama lain sehingga dapat digunakan untuk mobilitas pribadi. Dengan begitu, Anda bisa memindahkan kartu SIM pada ponsel manapun.

Intinya, prinsip kerja telepon seluler menggunakan cara kerja yang hampir sama dengan radio. Namun, hal tersebut juga dilengkapi dengan komponen khusus yang memiliki sifat dan cara kerja tertentu. Dengan begitu, setiap komponen tersebut dapat membangun sistem kesatuan yang membuat ponsel dapat digunakan.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *